Perbedaan Page dan Post di WordPress


Saat pertama menggunakan WordPress mungkin kita akan bertanya apa sih bedanya Page dan Post itu ? bukannya fungsinya sama saja sebagai sebuah artikel atau halaman? apa bedanya sih? mungkin itu yang biasanya ditanyakan. namun ternyata post dan page di WordPress itu memiliki beberapa perbedaan yang memang cukup signifikan terutama dalam segi penggunaan.

Dalam istilah yang sering dipakai sendiri halaman biasanya disebut dengan post_type. kedua jenis halaman tersebut merupakan post_type default.

Berikut ini beberapa perbedaan antara post dan page :

Post Page
Category Ya Tidak
Archive Ya Tidak
Feed Ditampilkan Tidak Ditampilkan
Pengurutan Urutan Kronologis Tetap
Alokasi Template Sendiri Tidak Ya

Diatas merupakan perbedaan umum yang dimiliki oleh post type page dan post. sedikit saya jelaskan mengenai penjelasan tabel diatas.

Category : post type post memiliki kategori untuk melakukan pengelompokan sehingga jenis halaman ini mampu di kelompok-kelompok sesuai dengan kategori yang dimilikinya sedangkan untuk post type page tidak memiliki kategori sehingga tidak bisa dikelompokan berdasarkan kategori.

Archive Template: untuk post type post ini disediakan template untuk menampilkan archive nya misalkan post type post ini akan ditampilkan berdasarkan kategori maka WordPress akan menggunakan template Archive ini untuk menampilkannya. sedangkan untuk Post Type page tidak dapat ditampilkan berdasarkan Archive atau hanya bisa menampilkan halamnnya sendiri.

Feed: biasanya untuk umpan balik atau RSS. WordPress biasanya hanya menyediakan RSS Feed dari Post Type Post.

Pengurutan: Untuk Post Type post biasnya banyak sekali cara pengurutannya bisa berdasarkan tanggal, berdasarkan nama dll. sedangkan untuk Page pengurutannya tetap biasanya hanya menggunakan menu order itupun tidak ditampilkan.

Alokasi Template Sendiri: untuk Post Type page tiap halaman bisa menggunakan template sendiri atau bisa menggunakan template yang berbeda untuk tiap halaman. namun untuk Post Type post template yang digunakan tidak bisa diubah hanya menggunakan template single.php atau Archive.php saja.

Dari segi penggunaan Page biasanya digunakan untuk halaman tetap atau sedikit sekali mengalami perubahan atau bisanya disebut dengan static page. sedangkan Post merupakan kebalikanya post ini digunakan untuk halaman yang sering berubah atau dinamis baik dari jumlahnya maupun dari konten yang ditampilkannya. contoh page : untuk halaman portfolio, about us, contact dll. sedangkan untuk post contoh penggunaanya biasanya lebih ke informasi event, informasi promo dll.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat semoga sukses tetap semangat dan sampai jumpa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s